Visi dan Misi FT- UM Palembang telah disosialisasikan secara sistematis dan berkelanjutan kepada semua pemangku kepentingan, internal maupun eksternal.

1. Sosialisasi Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran

Sosialisasi Visi, misi, tujuan dan sasaran FT-UM Palembang kepada stakeholder internal, yakni Dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan dilakukan dengan cara :

  1. Ditempelkan pada dinding Fakultas
  2. Dituangkan dalam Buku Panduan Akademik Universitas, Fakultas, leaflet, pamflet, kalender FT- UM Palembang yang sekaligus bermanfaat dalam rangka sosialisasi nilai-nilai budaya organisasi FT-UM Palembang;
  3. Dilakukan melalui aktivitas terstruktur antara lain :
  4. Silaturahmi bulanan.
  5. Rapat koordinasi tiap pelaksanaan kegiatan di tiap unit kerja.
  6. Seminar dan pelatihan bagi dosen dan mahasiswa serta pegawai non edukatif.
  7. Kegiatan seminar dan pelatihan bagi dosen dan mahasiswa juga dilakukan untuk menegaskan tentang aktivitas akademik bagi penciptaan iklim akademik (academic atmosphere) bagi terwujudnya visi, misi, dan tujuan universitas dan fakultas dan program studi.
  8. Forum-forum pengajian baik ditingkat universitas dan fakultas.
  9. Rapat-rapat, antara lain rapat pimpinan, rapat pleno, rapat koordinasi antar dosen, rapat koordinasi antar pimpinan dan karyawan yang di dalamnya dibahas tentang persoalan-persoalan rutin dan strategi pengembangan tiap unit kerja sehingga dapat dirumuskan suatu kebijakan yang dapat mewujudkan rencana kegiatan yang mencerminkan terwujudnya dan terealisasikannya visi, misi dan tujuan fakultas. Rapat-rapat tersebut dilakukan secara rutin untuk merespon setiap permasalahan yang muncul sehingga dapat segera dirumuskan solusinya.
  10. Dalam rapat koordinasi kegiatan unit kerja dibicarakan perencanaan dan pelaksanaan suatu kegiatan akademik dan non akademik yang melibatkan pimpinan dan karyawan baik ditingkat fakultas maupun prodi, misalnya kegiatan seminar dan lokakarya yang mengundang pihak luar sehingga dapat tercapai upaya realisasi visi, misi, dan tujuan universitas, fakultas dan prodi.
  11. Sosialisasi visi, misi, tujuan, sasaran, dan strategi FT-UM Palembang kepada stakeholders eksternal dilakukan dengan cara dan intensitas yang bervariasi, antara lain:
  12. Diinformasikan melalui media sosial, website FT-UM Palembang, media silaturahim, dalam media cetak seperti Warta Dakwah dan pembuatan jadwal sholat.
  13. Kunjungan/Promosi ke Sekolah Menengah Atas dan masyarakat umum dilakukan terutama melalui kegiatan praktek pengalaman lapangan bagi mahasiswa.
  14. Kegiatan temu alumni universitas fakultas dan prodi dilakukan secara resmi.
  15. Iklan dan publikasi di media cetak.
  16. Disampaikan setiap melaksanakan kegiatan bersama persyarikatan Muhammadiyah, baik tingkat Pusat, Wilayah, Daerah, Cabang, Ranting, Organisasi Otonominya.
  17. Disampaikan dosen kepada masyarakat mitra setiap melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat FT-UM Palembang.
  18. Disampaikan setiap mengawali kegiatan Job Fair kepada seluruh peserta (pengguna lulusan).

2. Pemahaman Sivitas Akademika dan Tenaga Kependidikan Terhadap Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran FT-UM Palembang

  1. Mekanisme monitoring pemahaman Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran FT-UM Palembang mengacu kepada Manual Prosedur Nomor Dokumen: MP/UMP/LPM- 01.a-03/00. Pengukuran pemahaman Visi, Misi, dan Tujuan UM Palembang dilakukan terhadap dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa.
  2. Metode pengukuran tingkat pemahaman Visi, Misi, dan Tujuan FT-UM Palembang dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan cara menyebarkan kuisioner dan tes secara objektif.

 

Berdasarkan hasil pengumpulan data, keberhasilan sosialisasi dan pendampingan dalam implementasi visi, misi, dan tujuan FT-UM Palembang antara lain ditunjukkan dalam bentuk:

  1. Sivitas akademika mampu menyebutkan visi, misi, dan tujuan, sedangkan pemangku kepentingan eksternal mampu menyebutkan kata-kata kunci visi dan misi FT-UM Palembang.
  2. Sivitas akademika mampu menjelaskan makna dan ide pokok dari visi, misi, dan tujuan.
  3. Sivitas akademika mampu mengaplikasikan visi, misi dan tujuan universitas ke dalam tindakan dan perilaku organisasinya, misalnya berkomitmen penuhuntuk kemajuan FT-UM Palembang, komitmen dosen terhadap kehadiran dalam perkuliahan, tenaga kependidikan hadir, dan pulang tepat waktu dan meningkatnya pelayanan administrasi.
  4. Sivitas akademika mampu memberikan kontribusi terhadap pengembangan Fakultas dan prodi berupa ide-ide kreatif dan inovatif dalam kerangka visi, misi, dan tujuan Fakultas dan prodi.

 

Pemahaman visi, misi, dan tujuan FT-UM Palembang segenap sivitas akademika tercermin dari sikap dan perilaku kinerjanya. Hal ini dapat dilihat pada perkembangan proses pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian, dan pemberdayaan kepada masyarakat serta pembinaan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.

Adapun perkembangan proses pada sikap dan perilaku kinerja dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan menjadi indikator yang kuat bagi ketercapaian visi, misi, dan tujuan FT-UM Palembang. Kemajuan perkembangan performa Dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan pada keempat bidang Catur Darma Perguruan Tinggi Muhammadiyah dapat dilihat pada Tabel 1.3.

Leave a Comment